Wednesday, April 27, 2016

Tips Merawat dan Mengatasi Masalah Rambut Muslimah Ber Hijab

Assalamu'alaikum Wr. Wb :)
Bagaimana kabar hari ini? kali Cronyoz.Net akan berbagi tips merawat dan mengatasi masalah rambut para muslimah berhijab.
Rambut adalah mahkota bagi manusia, yang harus dijaga dan di rawat agar selalu indah. Bagi muslimah rambut merupakan aurat yang harus di tutupi. Namun bukan berarti rambut tidak dirawat dengan alasan karena selalu tertutup dengan hijab. Karena Islam selalu mengajarkan kepada kita bahwasanya kita harus menjaga apa saja karunia yang Allah berikan kepada kita dengan cara merawatnya, termasuk mahkota rambut.


Rambut muslimah selalu tertutup hijab, saat cuaca panas yang menyebabkan rambut lembab sehingga menyebabkan beberapa masalah rambut seperti : rambut rontok.
Penyebab Kerontokan Rambut
Banyak hal yang menjadi faktor kerontokan rambut, seperti rambut yang diikat terlalu kuat, sampo yang tidak cocok, kermas dan langsung pakai hijab, dan banyak sekali penyebab kerontokan rambut. Kerontokan rambut juga disebababkan oleh stres, gizi yang tidak seimbang, merokok dsb.
Berbagai masalah rambut yang sering terjadi pada muslimah yang mengenakan hijab seperti :
  1. Rontok. Rontok dapat terjadi kapan saja dimana saja. saat menyisir, keramas, atau saat beraktifitas rambut sering rontok itu dikarenakan kurangnya nutrisi pada rambut dan kerusakan rambut yang tidak segera diatasi.
  2. Berminyak, rambut muslimah setiap harinya tertutup hijab. saat beraktifitas setiap  hari pun juga demikian. sehingga saat kita berkeringat rambut tidak dapat bernafas karena tertutup hijab dan bercampur dengan keringat yang menyebabkan rambut berminyak.
  3. Berketombe. Saat keramas gunakan banyak air untuk memilas, jika tidak berih akan dapat menyebabkan ketombe. Ketombe bisa berasal dari membilas yang tidak bersih atau kotoran yang menempel di kepala karena jarang mencuci rambutnya.
  4. Kusut. Rambut kusut bisa terjadi jika rambut kurang nutrisi dan perawatan. Gunakan perawatan rambut alami yang mudah dibuat untuk menutrisi agar rambut tidak kusut dan terlihat sehat.
  5. Rambut rusak. Rambut dapat dibilang rusak, jika rambut merah dan bercabang. Itu terjadi disebabkan oleh pemakaian / make over rambut yang terlalu sering sehingga menyebabkan rambut rusak.
Dengan berbagai masalah diatas, nah ini dia tips bagaimana merawat rambut untuk muslimah berhijab :
  1. Hindari pemakaian hijab setelah keramas. Muslimah pasti sering banget nih, keramas pagi-pagi mau berangkat beraktivitas tapi rambutnya masih basah tapi dipaksain di tutup hijab karena terburu-buru. sebelum mengenakan hijab lebih baik rambut di keringkan dulu, supaya rambut enggak bau, dan berketombe.
  2. Hindari mengikat rambut terlalu kuat. Mengikat rambut terlalu kuat juga nggak baik loh. kasian rambutnya karena mengikat rambut dengan kuat menarik akar-akar rambut sehingga menyebabkan rambut sering rontok dan patah.
  3. Keramas yang teratur. Keramas yang teratur so pasti, setiap apa apa yang dirawat pasti hasilnya akan bagus seperti halnya rambut jika dirawat dan di bersihkan dengan teratur pasti rambut akan selalu sehat dan indah. Keramas minimal 2 hari sekali. Apa lagi buat muslimah yang setiap harinya mengenakan hijab dengan keramas akan membuat rambut bernafas setelah seharian tertutup hijab.
  4. Selalu rapikan rambut sebelum dan sesudah mengenakan hijab 3 kali sehari. Sebelum memakai hijab rambut harus rapi. Tidak ada alasan ngga usah sisiran ah kan ketutup hijab lagian ngga ada yang tahu. Nah kadang argumen seperti ini yang mengakibatkan rambut tidak terurus. Rambut rontok, berketombe, dan lepek tidak segera diatasi yang akan menyebabkan kerusakan pada rambut.
  5. Istirahatkan rambut. Rambut juga perlu istirahat loh? ketika kita tidur rambut lebih baik di gerai seupaya rambut dapat bernafas dengan bebas. jangan terlalu sering me make over rambut seperti : dikeriting, diribonding, dicat dsb. Semua ltu dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Lebih baik rambut normal yang tidak merubah apapun pemberihan Allah swt.
  6. Pilih shampo yang cocok dengan rambut kita. Banyak sekali penawaran produk shampo, namun muslimah harus bisa memilih shampo apa yang cocok dan yang dibutuhkan oleh rambutnya. Jika rambut rontok pilih perawatan rambut rontok dsb.
  7. Pemilihan hijab. Hijab juga mempengaruhi kesehatan rambut, untuk para muslimah pilih warna hijab yang soft jangan yang terlalu gelap. Karena warna gelap cepat menyerap cahaya matahati sehingga berdampak pada rambut juga, berkeringat yang berlebihan dan menyebabkan rambut cepat lepek.
  8. Mengkonsumsi makanan yang bernurtisi untuk rambut. Tidak hanya tubuh kita yang memerlukan nutrisi namun rambut juga perlu nutrisi, seperti : Vit C , Vit E, Vit B-6, Vit B-12 dan protein yang semuanya itu perlu untuk kesehatan rambut.
  9. Gunakan perawatan rambut yang alami yang dapat kita temui di sekitar kita. Seperti : Santan, bawang merah, putih telur, lidah buaya, kemiri dan sledri, dsb.
Semoga tips tadi bermanfaat ya sahabat Cronyoz. Jika ada yang ingin bertanya dapat coret-coret di kolom komentar di bawah ini. TERIMA KASIH. :)
Wasalamu'alaikum Wr.Wb.
Read more

Friday, April 22, 2016

Manfaat dan Kerugian Mengganti Ukuran Karburator

Assalamu'alaikum Wr. Wb pengunjung Cronyoz.NET, salam sejahtera bagi kita semua. mungkin salah satu diantara kalian dari sekian banyak Pembaca dari Cronyoz.NET adalah penggila kecepatan atau Hobi Korek Korek mesin, dari keperluan untuk balap ataupun untuk sekedar kebut kebutan di jalan. :) salah satu cara yang sering dilakukan oleh para penggila kecepatan untuk memaksimalkan performa si kuda besi adalah dengan cara Mengganti Karburatornya dengan Diameter Venturi yang lebih besar, lalu apa Manfaat dan Kerugiannya ?? emang ada Kerugianya, ya adalah .:) okelah kita bahas satu persatu. 
Mennganti Ukuran Karburator dengan Venturi yang lebih besar sebenarnya untuk menambah Effisiensi Volumetrik, apa itu Evisiensi Volumetrik?? Effisiensi Volmetrik adalah prosetasi Volume Campuran Bahan Bakar dan Udara yang masuk ke dalam ruang cylinder dibandingkan dengan Volume maksimum Cylinder itu sendiri, effisiensi yang baik adalah lebih dari 100%, loh emang bisa effisiensi lebih dari 100%?? bisalah, untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan di komentar aja ya, atau lain kali dibahas lagi, biar fokus bahas Karburatornya, Secara Logika apabila Lubang Venturi Lebih besar maka Debit udara yang masuk akan lebih banyak, tapi jangan salah menilai, ada aturanya, jika lubang Venturi terlalu besar bukan debit yang besar yang diperoleh tapi malah pengeluaran uang yang besar dan hasil minimum yang didapat, kok bisa, ya bisa :)
Q = v . A
Q = Debit
V = Kecepatan

A = Luas Penampang 

Okelah kita bahas dengan rumus sedehana diatas. Jika A (Luas Penampang / Luas Lubang Venturi) diperbesar maka anggapan kita Q (Debit) akan membesar juga, tapiii jika A terlalu besar dan kevakuman Di dalam Cylindernya konstan / (CC) konstan berarti kan V nya akan turun yang berakibat Q tidak akan naik secara signifikan, berarti kalau ingin mengganti Karburator dengan Venturi sebesar mungkin yang ada malah Buang buang tenaga dan duit kalau Mesin Motornya / CC masih standar,karena jika v  akan turun dan kevakuman juga akan turun, bisa bisa bensin dari tampungan karburator tidak bisa naik ke venturi ketika gas dibetor penuh. :) kok bisa?? coba aja menekan tabung spray obat nyamuk b*aygon dengan perlahan lahan, ta jamin ndak cairan obat nyauk yang keluar juga akan sedikit. :)  lalu bagaimana kalau ingin memaksimalkan Evisiensi Volumetriknya di motor standar ?? cara yang bisa dilakukan adalah dengan Mengganti dengan Noken Noken as / Camshaft standar dengan yang racing (yang mempunyai bukaan klep intake lebih lama), tapi RPM bawah harus dikorbankan ya, kecuali kalau pakai VVTI, hehe lalu berapa diameter venturi yang seharusnya dipakai? berikut rumusnya.:
D = K x √ (CxN)
D = Diameter Venturi
C = volume silinder dalam liter
N = putaran mesin untuk daya maksimum  ( rpm )
K = menyatakan ketetapan nilainya 0,65 mm sampai 0,9 mm
Contoh : Suzuki Satria Standar dengan diameter venturi 26, Daya maksimum di 9500 rpm, ingin ganti PE 28, maka daya diperoleh di RPM berapa?

1. Cari harga K-nya dlu :
D = K x √ (CxN)
26 = K x √ (0,147x9500)
26 = K x 37.37
K = 26 / 37.37
K = 0.695

2. Cari RPM maksimal
D = K x √ (CxN)
28 = 0.695 x √ (0.147xN)
√ (0.147xN) = 28 / 0.695
√ (0.147xN) = 40.287
(√ (0.147xN))kuadrat = 40.287 kuadrat
0.147xN = 1623.104
N = 1623.104/0.147
N = 11.041 RPM 

jadi bagi yang suka kebut kebutan PE 28 pass banget, karena 11.000 RPM masih dibawah limiter, motor pasti nendang di RPM segitu, tapi kalau motornya buat bonceng tetangga ke pasar ya jangan pakai PE 28, d rpm menengah mesti boros banget tuh, dan daya yang didapat ndak maksimal. buang buang duit lagi. :)

nb : karburator beroprasi dengan baik, karena K di perhitungan pertama adalah data dari perhitungan dengan variabel standar pabrik / karburator bekerja dengan baik

Cukup sekian ya postingan kali ini semoga bermanffat, jika ada salah mohon dikoreksi, karena penulis juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. :) jika ada perkataan silahkan sampaikan di kolom komentar, terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr Wb
Read more

Thursday, April 21, 2016

Cara Mengatasi Anak yang Malas Makan

Assalamu'alaikum, salam selamat dan sejahtera saling mendo'akan diantara kita jawablah Waalaikumsalam.. :)
Semoga kita selalu diberi keselamatan dan kesehatan. Amiin.
Kali ini kita mau membahas masalah "Ketika Anak Malas Makan". Orang tua dirumah yang memiliki balita sering pusing bagaimana mengatasi anak yang malas makan bukan? Karena anak-anak sering tidak menyukai apa yang diberikan olehnya.
Anak anak cenderung menyukai makanan manis, seperti : Permen, coklat, biskuit, makanan cepat saji (junk food), seperti : Hambuger, fread chicken, dan makanan ringan seperti Chiki, jika dibandingkan dengan makanan utama yang berupa nasi dan lauk pauknya. Padahal makanan manis, makanan cepat saji dan makanan ringan tidak baik untuk kesehatan.

Penyebab Anak Tidak Mau Makan (menurut Illingworth)
  1. Makan kudapan  di antara jam makan. Akibatnya tubuh masih berkecukupan dengan nutrisi yang berasal dari kudapan, sehingga anak tidak merasa lapar.
  2. Perkembangan ego sang anak. Anak menolak makan sebagai manifestasi dari perkembangan sikap mandiri. Anak merasa sebagai individu yang terpisah dari orang tua, sehingga menolak bentuk dominasi orang tua.
  3. Anak ingin mencoba kemampuan yang baru dimilikinya, yaitu mencoba makan sendiri tetapi orang tua melarangnya melakukan hal tersebut.
  4. Menu tidak berfariasi sehingga anak bosan dengan makanan yang terhidang atau bentuk makanan yang tidak menarik.
  5. Anak sedang merasa tidak bahagia, sedih, depresi, atau merasa tidak aman / nyaman.
  6. Anak sedang sakit. Pada kondisi ini, nafsu makan anak jelas menurun sehingga mereka sama sekali tidak mau menyentuh makanan.
Dari pembahasan diatas kita tahu apa saja penyebab anak malas makan. Namun terkadang karena ketidak tahuan orang tua menasehati anaknya yang tidak mau makan, mereka justru melakukan tindakan yang keliru yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang karakter anak seperti : Membujuk, mengalihkan perhatian, memberi janji, membujuk dengan ancaman, menghukum, dan membolehkan anak memilih makanan yang diinginkannya.

Jika Penyakit Malas Makan anak muncul bagaimana kiat kita agar anak tidak malas makan atau agar anak bernafsu makan?

Orang tua sebaiknya mencoba beberapa saran dari Kemendiknas di bawah ini jika menghadapi anak yang malas makan.
  1. Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. sebab, sebenarnya anak - anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.
  2. Berikan kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang.
  3. Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus di pegang atau disapa adalah anaknya. Jangan yang lain.
  4. Jangan memaksa anak makan sapai mencekoki, mencubit atau bahkan melototi.
  5. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif.
  6. Pada anak berusia setelah empat bulan - enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tidak alergi susu.
  7. Pada anak yang mengalami gangguan psikis pada lambung dengan muntah dapat teratasi kira - kira setelah umur tiga tahun.
Semoga ulasan kali ini bermanfaat :) Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar.
Terima Kasih..
Wasalamualaikum 
Read more

Cara Memasang Gadget Asal Pengunjung Blog

Assalamu'alaikum Pengunjung Setia Cronyoz.NET, kali ini Cronyoz.NET akan membagikan Tutorial tentang Bagaimana Cara Memasang Gadget Asal Pengunjung di Blog
Kenapa saya posting mengenai ini, yah karena asik gitu kayaknya kalau kita tahu pengunjung kita berasal dari luar daerah, apa lagi kalau Blognya masih baru seperti Cronyoz.NET ini. :) okelah langsung saja ya. silahkan disimak dengan baik :
1. Buka 
2. Pilih Warna Desain Gadgetnya di Select a Colour Scame dan Costumize Colour Schame
3. Sesuaikan Lebar Gadged dengan Lebar Bar tempat dimana anda akan menaruh Gadget itu. kalau tidak tahu bisa disetting asal - asalan dulu.
4. Pilih jumlah pengunjung yang akan ditampilkan oleh Gedget tersebut
5. centang Show where visitor came from untuk menampilkan asal perujuk pengunjung blog anda. lalu pilih Blogger di Install Feejid on my :
7. Lalu klik Go
8. setelah meng'klik Go maka akan muncul halaman INSTRUCTIONS FOR INSTALLING ON BLOGGER, tapi menurut saya instruksi yang diberikan malah rumit jadi Cronyoz.NET kasih cara yang lebih gampang aja ya. copy script di kotak yang bawah
9. Setelah kode Javascript ter-Copy, sekarang buka akun blogger anda, masuk ke Tata Letak, lalu tambahkan gadget, saya anggap anda sudah bisa ya . :) pilih " HTML/Javascript Tambahkan fungsional pihak ketiga atau kode lainnya ke blog Anda "
10. pastekan script yang di Copy tadi ke kotak HTML, lalu pilih simpan. setelah script tersimpan buka blog anda dan lihat keberadaan Gadget anda, jika ada yang kurang sesuai, misalkan lebarnya, anda bisa mengulangi dari langkah nomor 3 lagi, bagaimana?? mudah bukan semoga bermanfaat ya, sekian postingan Cronyoz.NET kali ini, jangan lupa tinggalkan jejak di Kolom komentar ya, Wassalamu'alaikum wr. wb

Read more

Wednesday, April 20, 2016

4 Potensi Sumber Energi Non Fosil Indonesia yang Membanggakan

Assalamu'alaikum Wr, Wb. salam sehjahtera bagi kita semua. Apakah kalian Umat yang bergama, Warga Negara Indonesia yang mencintai Bumi Pertiwi ini?? Jika jawabannya iya maka anda harus memikirkan apa yang harus kita lakukan untuk masa depan bumi pertiwi ini. Indonesia memiliki sumber daya energi yang begitu besar, pada tahun 2010 indonesia memiliki 58,8 miliar barel minyak bumi dengan cadangan 8,4 miliar barel, namun bukankah bahan bakar minyak adalah salah satu energi yang tidak dapat diperbarui?? sebernarnya bisa namun butuh waktu yang sangat amat lama untuk terbentuknya minyak bumi.Jadi, salahkah jika ada pendapat bahwa inyak bumi indonesia akan habis jika setiap harinya jutaan barel minyak diambil dari perut bumi lalu bagaimana dengan anak cucu kita? belum lagi polusi yang diakibatkan dari proses pemanfaatan minyak bumi. 

Kita sebagai Warga Indonesia yang cinta dengan Tanah Air harus mampu berfikir bagaimana untuk mencega hal itu terjadi. apalagi kita yang berstatus Mahasiswa, jangan hanya bisa Demo kalau BBM naik. tapi kita juga harus bisa memikirkan apa solusi yang bisa diambil untuk menanggapi masalah tersebut.

Oleh karena itu kali ini Cronyoz.NET akan berbagi beberapa Potensi Energi di Indonesia yang jika dimanfaatkan dengan baik maka akan membantu menjawab persoalan / permasalahan diatas :

1. Tenaga Air

Indonesia adalah negara Maritim, 64,97% dari total luas Indonesia adalah lautan,jadi potensi energi yang dapat di peroleh sangatlah besar, benar saja Potensi Energi dari Tenaga Air di Indonesia pada Tahun 2010 adalah 75.670 MW dan baru di Gunakan 4.200 MW, Jika dimanfaatkan secara maksimal, WOWW!! lumayan ya :)

2. Panas Bumi  Geothermal 

Indonesia memiliki potensi Panas Bumi / Geothermal sebesar 27.000 MW dan Indonesia mempunyai 40% dari total energi Geothermal yang dimiliki Dunia? gimana bangga kan jadi Warga Indonesia??hehe, namun 15% dari potensi Geothermal Indonesia memiliki enthalpy yang rendah.

3. Mini / Microhidro 

di Indonesia juga banyak sekali pegunungan dan bukit, yang terkenal adalah Bukit Barisan di Sumatra, Pegunungan Seribu di Jawa dan Pegunungan Verbeek di Sulawesi. dengan begitu banyaknya bukit dan gunung di Indonesia tentu juga akan banyaksekali suangi sungai kecil di indonesia, aliran sungai tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik mini/mikrohidro. prinsipnya adalah aliran sungai terbut digunakan untuk memutar turbin yang akan menggerakan generator dan akan menghasilkan listrik.

4. Tenaga Surya

satu kata lagi yang harus terucap di lisan kita karena kita tinggal di Bumi Pertiwi ini " Alhamdulillah", mengapa demikian, kita Indonesia terletak diGaris katulistiwa, yang dimana setiap hari pasti dilewati oleh sang mentari, setiap har selalu ada cahaya mata hari. dan ternyata potensi energi dari tenaga matahri cukup besar,yaitu 4,80kWh/m2/hari, bayangkan berapa jumlah luasan atap rumash se-Indonesia, andaikan semua atap rumah di Indonesia menggunakan Sel Surya, bisa jadi listrik tidak perlu beli lagi . :) tapi ya jangan ada biaya perawatan sel surya dan komponen lainya ya . :) tapi kan setidaknya kita sudah tidak tegantung oleh BBM lagi, masalahnya di Indonesia Timur pada tahun 2010 lebih dari 50% pasokan listrik didapat dari Pembangkit listrik berbahan bakar minyak.

Bagimana, masih banyak kan kan energi alternatif lain untuk mengurangi penggunaan BBM, sebenarnya masih banyak potensi energi lain yang dimiliki Indonesia, seperti tenaga Angin, Uranium, Biomass, namu karena keterbatasan pengetahuan penulis kali ini belum bisa membahasnya. semoga bermanfaat, jika ada Saran atau Pertanyaan silahkan sampaikan di kolom pertanyaa. Terima Kasih, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sumber : Dr. Deendarlianto, ST., M.Eng (Kepalasa Pusat Study Energy UGM) dengan beberapa perubahan
Read more

Monday, April 18, 2016

7 Obat Awet Muda Alami

Assalamu'alaikum. siapa diantara kalian ayng ingin awet muda? memang umur adalah ketetapan dari sang Khaliq dan segala yang dianugrahkan dari Allah kepada harus disyukuri?? :) Salah satu cara bersyukur adalah dengan menjaga dan merawat apa yang dititipkan Allah kepada kita, salah satunya adalah Jasmani ini. :)
Para Ahli gizi bersepakat bahwa makanan adalah salah satu faktor penting dalam menghambat penuaan. dan berikut adalah 7 makanan yang dapat menghambat Penuaan dini : 

1. Buah Semangka

buah semangka mengandung Selenium, zink, vitamin E dan asam lemak esensial yang terdapat pada bijinya.  selain itu dalam buah semangka juga mengandung beberapa Vitamin lainya, yaitu Vitamin A, B dan C. Vitamin dan  Senyawa dalam buah semangka dapat menghambat berkembangnya radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini pada diri anda.

2. Ikan

sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa ikan mengandung banyak sekali protein dan vitamin, protein sangat bergunda bagi anda yang masih dalam masa pertumbuhan. selain protein ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat berguna untuk antibody, menjaga kesehatan kulit dan menjaga kesehatan sel otak, jadi jika mas mas atau mbak mbak yang ingin tumbuh sehat, cerdas dan tetap ganteng dan cantik rajin rajinlah makan ikan ya . :)

3. Air Putih

minuman satu ini yang terkenal murah, mudah dan mudah didapat ternyata memunyai khasiat yang luar biasa lho, selain sebabagi pengganti cairan yang hilang saat kita bekerja atau berolahraga ternyata air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun racun didalam diri kita lewat keringat atau air seni, dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas per maka akan membantu proses keluarnya racun penyebab penuaan dini dari dalam diri anda.

4. Jahe

negara kita merupakan salah satu negara penghasil rempah rempah terbesar di dunia, salah satu rempah rempah yang kita miliki adalah jahe, mulai dari jahe merah, jahe gajah, jahe emprit daln masih banyak lagi, jahe ternyata mengandung banyak antioksidan yang bermanffat bagi kesehatan dan membantu mengurangi efek negatif dari radikal bebas, senyawa fenol yang terdapat pada jahe yaitu gingerol dan shogols dapat mencegah penuaan dini pada tubuh, jahe juga bermanfaat bagi kulit, yaitu membuat kulit lebih tahan terhadap polusi dan sinar UV yang menyebabkan kulit menjadi terbakar, munculnya flek hitam, kerutan dan munculnya garis halus.

5. Tomat

senyawa lycopene yang terdapat pada buah tomat dapat mengurangi resiko kanker paru paru, kandung kemih, kulit, prostat dan usus. selain itu tomat juga mengandung banyak Vitamin C yang sangat membantu menjaga kesehatan kulit anda.

6. Buah Alpukat

buah alpukat mengandung vitamin E yang sangat berguna bagi kesehatan kulit, selain itu buah alpukat merupakan buah yang memiliki lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh

7. Buah Berry

buah berry mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan, senyawa ini sangat berguna untuk mencegah rusaknya sel sel dalam tubuh yang disebababkan oleh radikal bebas.

itulah tadi 7 obat awet muda alami versi Cronyoz.NET, semoga bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silahkan samapikan di kolom komenyar, sekian Wassalamu'laikum
Read more