Latest Post

Assalamu'alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh Sahabat Cronyoz.NET, Kali ini Cronyoz.NET akan membagikan tutorial sederhana yang sangat pas untuk kalian yang suka utak atik tentang otomotif dan elektronika seperti saya hehe, Sebenarnya sudah banyak sekali tutorial tentang penggunaan HC SR-04 ini lalu kenapa saya ingin membuat rangkaian ini? Itu pertanyaan yang bagus, yaa karena kita berusaha untuk mengamalkan ilmu yang kita punya, ya salah satunya ini Basicnya Si HCSR-04 ini kan digunakan untuk pengukur jarak, berarti bisa dong kita gunakan untuk sensor parkir, toh prinsip kerjanya juga sama dengan sensor parikir,

sebentar, jangan jangan ada yang belum tahu apa yang saya maksut sensor parkir? sensor parkir adalah suatu alat yang bekerja dengan prinsip dasar seperti ini "semakin dekat mobil dengan obyek, maka semakin besar frekuensi beep dari bel sebagai peringatan untuk si pengemudi, dan jika mobil terlalu dekat dengan obyek, buzzer akan menyala terus menerus", gimana, sudah paham kan, okelah langsung saja kita eksekusi !!

Langkah 1: Persiapan  Hardware.
  • Arduino Uno r3, beli di saya 100k saja,hehe
  • kabel Jumper
  • Ultrasonic HC-SR04
  • Breadboard
  • Buzzer 5 volt
OK, jadi itu semua yang kita butuhkan, sekarang mari kita mulai merangkainya

Pertama-tama saya akan menghubungkan catu daya dari Arduino ke jalur positif dan negatif Breadboard, selanjutnya Menghubungkan pin VCC Sensor ke jalur positif dan GND ke jalur negatif, lalu pin Trg ke pin 5 dan pin Echo ke pin 6. lalu salah satu kaki buzzer kita hubungan dengan pin 4 Arduino dan yang satunya lagi ke Jalur negatif di Breadboard

Langkah 2: Pemrograman,yeeeee!
Setelah instruksi diatas selesai dilakukan sekarang kita saatnya menjadi seorang programmer, hehe, copykan kode dibawah ini di sketch Arduino IDE kalian, lalu Uploud, dan setelah proses peng-Uploud'an selesai kalian bisa mencobanya mengetesnya dengan medekatkan dan menjauhkan benda di depan Sesnor Ultrasonic, dan perhatikan apa yang akan terjadi :)
// defines pins numbers
#define IN4  4
const int trigPin = 5;
const int echoPin = 6;
// defines variables
long duration;
int distance = 0;
void setup() {
pinMode(trigPin, OUTPUT); // Sets the trigPin as an Output
pinMode(echoPin, INPUT); // Sets the echoPin as an Input
pinMode(4, OUTPUT);
Serial.begin(9600); // Starts the serial communication
}
void loop() {
if ((distance <50)&&(distance > 0))
  {
  digitalWrite(IN4, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
}
else if ((distance > 51)&&(distance < 150))
  {
  digitalWrite(IN4, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
  delay(10*(distance-50));
  digitalWrite(IN4, LOW);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
  delay(10*(distance-50));// wait for a set time
  }
else if ((distance > 151)&&(distance < 200)) {
  digitalWrite(IN4, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
  delay(1000);
  digitalWrite(IN4, LOW);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
  delay(1000);
}
else if (distance > 200){
  digitalWrite(IN4, LOW);
}
delayMicroseconds(10);
// Clears the trigPin
digitalWrite(trigPin, LOW);
delayMicroseconds(2);
// Sets the trigPin on HIGH state for 10 micro seconds
digitalWrite(trigPin, HIGH);
delayMicroseconds(10);
digitalWrite(trigPin, LOW);
// Reads the echoPin, returns the sound wave travel time in microseconds
duration = pulseIn(echoPin, HIGH);
// Calculating the distance
distance= duration*0.034/2;
// Prints the distance on the Serial Monitor
Serial.print("Distance: ");
Serial.println(distance); //distance is the returned integer, it is the distance in cm
}
 Sekian Tutorial dari Cronyoz.NET semoga bermnafaat, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, jazakallah atas kunjungannya, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalamu'alaikum Wr.Wb, Berikut ini contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) berdasarkan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
Pendidikan Anak Usia Dini Fastabiqul Khoirot
Semester/Bulan/Minggu : I/Juli/Minggu ke 4
 Tema                           : Diriku
     Sub Tema                    : Tubuhku
Sub – Sub Tema          :-         
  Kelompok: B (Usia 5-6 Tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1

3.4-4.4

2.5
2.6
3.6-4.6



2.13
3.10-4.10
3.15-4.15
1.      Tubuhku ciptaan Tuhan
2.      Do’a sebelum dan sesudah belajar
3.      Kebiasaan mencuci tangan dan menggosok gigi
4.      Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
5.      Senang member salam
6.      Senang mengikuti aturan
7.      Pengelompokan berdasarkan warna (Merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (Persegi, segi tiga), dan jumlah bilangan (5-10)
8.      Senang bersikap ramah
9.      Aku suka mendengar cerita
10.  Lagu “Aku Ciptaan Tuhan”
1. Membuat bingkai foto dari warna  merah, biru, kuning
2.   Membuat boneka foto diri dari tanah liat
3. Membuat boneka diri dari satlekok bulu tangkis dengan tempelan kertas merah, biru, kuning
4.      Menggunting dan menempel gambar anggota tubuh
5.      Melukis dengan cat air
6.      Menggambar dengan krayon atau spidol
7.      Mencetak bentuk tubuh dari pasir
8.      Membuat kolase bentuk dan bagian muka dari daun kering
9.      Menghitung anggota tubuh
10.  Menggambar jari tangan dengan krayon atau spidol
11.  Mengukur tinggi badan dengan raffia
12.  Menyusun huruf anggota tubuh berdasarkan contoh dari kartu kata gambar
13.  Main peran pergi ke dokter gigi
14.  Membuat roti berbentuk muka
15.  Membangun rumah dari balok

Lembar Observasi Guru


Hari / Tanggal :
Kelompok       : 4-5 Tahun
Tema               :
Pengamat        :
No
Aspek yang dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Kemampuan guru menyiapkan RKH





2
Kemampuan guru menyiapkan alat peraga yang digunakan





3
Kemampuan guru memberi apersepsi





4
Kemampuan guru dalam menyampaikan materi





5
Kemampuan guru membimbing dan memberi motivasi





6
Kemampuan guru dalam mengevaluasi dan menilai anak





7
Kemampuan guru dalam mengulas kegiatan yang telah dilaksanakan






Keterangan      :
1                    : Kurang
2                    : Cukup
3                    : Baik
4                    : Sangat Baik

Yogyakarta,.......................20
Pengamat


..........................







Assalamu’alaikum Sahabat Cronyoz.NET, Bagaimana Kabar Kalian? Baik ya? Alhamdulillah. Jika Kemarin Cronyoz.NET sudah posting tentang Cara Membuat Kebun mini ala anak Kost, kali ini aku akan membahas bagaimana menstimulasi secara dini perkembangan kecerdasaan anak.

Apa itu stimulasi dini?


Stimulasi dini adalah rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru lahir, bahkan sebaliknya sejak janin 6 bulan di dalam kandungan, dilakukan setiap hari, untuk merangsang semua system indra pendengaran, penglihatan, perabaan, pembauan, dan pengecapan.

Selain itu harus pula merangsang gerak kasar dan halus kaki, tangan dan jari-jari, mengajak berkomunikasi, serta merangsang perasaan yang menyenangkan dan pikiran bayi dan balita.

Apa saja ya kecerdasan anak yang perlu di kembangkan?

Ada 8 kecerdasan yang perlu di kembangkan kecerdasan tersebut biasa disebut kecerdasan multiple (multiple inteligensia) , antara lain :
  1. Verbal –linguistic termasuk kemampuan menurai pikiran dalam kalimat- kalimat , presentasi, pidato, diskusi, tulisan.
  2. Logical – mathematical termasuk kemampuan menggunakan logika-matematik dalam memecahkan berbagai masalah.
  3. Visual spatial termasuk kemampuan berpikir tiga dimensi.
  4. Bodily – kinesthetic termasuk keterampilan gerak, menari, olahraga.
  5. Musical termasuk kepekaan dan kemampuan berekspresi dengan bunyi, nada, melodi, irama.
  6. Intrapersonal termasuk kemampuan memahami dan mengendalikan diri sendiri.
  7. Interpersonal termasuk kemampuan memahami dan menyesuaikan diri dengan orang lain.
  8. Naturalis termasuk kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan
Dari 8 kecerdasan ini kita termasuk yang mana ya? Harus di deteksi sejak dini nih supaya tahu bagaimana menstimulasi kecerdasaan itu sejak dini.

Cara melakukan stimulasi dini :

Stimulasi sebaiknya dilakukan setiap kali ada kesempatan berinteraksi dengan bayi/ balita.

Karena kali ini kita membahas tentang stimulasi dini anak maka yang kita deteksi bayi/balita ya? Kalau kita kayaknya sudah agak terlambat ya tapi tetap harus di stimulasi ya sahabat.
  • Stimulasi untuk bayi 0-3 bulan dengan cara mengusahakan rasa nyaman, aman dan menyenangkan, memeluk, menggendong, menatap mata bayi, mengajak tersenyum, berbicara, menyembunyikan berbagai suara atau music bergantian, menggantung dan menggerakan benda berwarna mencolok (lingkaran atau kotak-kotak hitam putih), benda-benda berbunyi, menggulingkan bayi kekanan dan kekiri, tengkurap dan terlentang, dirangsang untuk meraih dan memegang mainan.
  • Umur 3-6 bulan ditambah dengan bermain “cilukba” melihat wajah bayi dan pengasuh di cermin, di rangsang untuk tengkurap, terlentang bolak-balik, duduk.
  • Umur 6-9 bulan ditambah dengan memanggil namanya, mengajak salaman, tepuk tangan, membacakan dongeng, merangsang duduk, dilatih berdiri berpegangan.
  • Umur 9-12 bulan ditambah dengan mengulang menyebut mama-papa, kakak, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, menggelindingkan bola, dilatih berdiri, berjalan dengan berpegangan.
  • Umur 12-18 bulan ditambah dengan latihan mencotet-coret menggunakan pensil warna, menyusun kubus, balok-balok, potongan gambar sederhana (puzzle) memasukkan dan mengeluarkan benda-benda kecil dari wadahnya, bermain dengan boneka, sendok, piring, gelas, teko, sapu, lap. Latihan berjalann tanpa brpegangan , berjalan mundur, memanjat tangga, mendang bola, melepas celana, mengerti dan melakukan perintah-perintah sederhana, menyebutkan nama atau menunjukkan benda-benda.
  • Umur 18-24 bulan ditambah dengan menanyakan, menyebutkan dan menunjukkan bagian-bagian tubuh, missal mana mata, hidung, telinga, mulut dan lain-lain. Latihan menggambar garis-garis, mencuci tangan, memakai celana/baju, bermain lempar bola, dan melompat.
  • Umur 2-3 tahun ditambah dengan mengenal dan menyebutkan warna, menggunakan kata sifat, kisal besar-kecil, panas-dingin, tinggi-rendah, banyak-sedikit dan lain-lain. Menyebutkan nama-nama teman, menghitung benda, memakai baju, menyikat gigi , bermain kartu, boneka, masak-masakan, menggambar garis, lingkaran, manusia, latihan berdiri di satu kaki, buang air kecil dan besar di toilet.
  • Setelah umur 3 tahun selain mengembangkan kemampuan-kemampuan umur sebelumnya, stimulasi juga diarahkan untuk kesiapan bersekolah antara lain memegang pensil dengan baik, menulis, mengenal huruf dan angka, berhitung sederhana, mengerti perintah sederhana, berbagi dengan teman.
Stimulasi itu dapat dilakukan di Rumah, dapat pula di Kelompok bermain, PAUD, taman kanak-kanak atau sejenisnya loh sahabat.

Nah demikian sedikit informasi tentang Menstimulasi Kecerdasan Anak, semoga bermanfaat dan membantu khususnya buat Sahabat Cronyoz.NET yang memiliki bayi/balita atau yang berprofesi di Dunia anak anak.

Wasalamualaikum Wr Wb.

Assalamu'alaikum sahabat Cronyoz.NET, Kali ini kita akan belajar bareng tentang bagaimana Cara Mudah Membuat Kebun Mini ala Anak Kost, cocok banget yang suka menanam namun tidak memiliki lahan / tempat yang luas untuk menanam. Contohnya untuk anak kost, halaman aja belum tentu ada apa lagi tempat buat menanam. hehe
Membuat kebun mini mungkin bisa jadi alternatifnya. Caranya sangat mudah tak perlu ribet da mahal, kita dapat memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar kita.

Untuk kebun mini yang Pertama
Bahan yang perlu disiapkan adalah :
  • Kaleng kue bekas.
  • Gelas plastik bekas.
  • Tanah subur.
  • Biji - bijian yang ingin di tanam.
Cara membuatnya sangat gampang sekali :
  1. Masukkan tanah subur ke dalam gelas gelas plastik.
  2. Susun gelas plastik ke dalam kaleng kue bekas. 
  3. Letakkan beberapa biji bijiaj ke dalam plastik.
  4. Beri sedikit air dan rawat hingga biji bijian yang kita tanam tumbuh.
  5. Jika tanaman sudah besar bisa di pindah ke wadah yang lebih besar.
Nah mudah banget kan??

Untuk kebun mini yang Kedua

Kebun. kebun mini. menanam. tanaman

Bisa di jadikan untuk kebun tanaman hias / sayuran yang berukuran tidak terlalu besar.
Bahan yang perlu disiapkan adalah :
  • Botol plastik bekas.
  • Tali.
  • Gunting. 
  • Cutter.
  • Tanah subur.
  • Bunga / Sayuran.
Cara membuatnya :
  1. Bersihkan botol bekas dari merek atau isi botol.
  2. Cuci sampai bersih.
  3. Potong botol membentuk segi empat di sebelah sisi badan botol.
  4. Beri beberapa lubang kecil pada sisi badan botol yang lain.
  5. Beri lubang juga di sisi kanan kiri botol yang sudah di potong membentuk segi empat.
  6. Masukkan tanah subur ke dalam botol yang sudah di potong.
  7. Tanam bunga /sayuran sesuai keinginan.
  8. Botol yang sudah berisi tanaman di beri tali dan gantungkan beberapa botol dalam satu tali.
  9. Tidak harus di tali botol bisa di taruh di lantai dan bisa juga di tali.
Gimana teman teman mudah kan? sudah punya gambaran mau membuat kebun mini sendiri. hehe, Berikut beberapa gamabar kebun mini yang bisa jadi referensi kalau ingin membuat kebun mini








Semoga Bermanfaat :), Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hello apa kabar sahabat Cronyoz.NET, Akhir akhir ini aku paling suka lihat majalah resep makanan. Enggak tahu kenapa setiap lihat gambar makanan aku ngerasa jadi lapar, apa lagi buat yang suka makan kaya aku.hehe

Makanan enak enggak harus beli di restaurant mewah yang harganya nguras dompet. Seperti salah  satu menu yang satu ini "Crispy Chicken Steak with Black Papper Sauce Wedge Potato and Green Vegetable ( Brocoli, Cauliflowers, Geen Peas, Baby Bean )" . Namanya panjang banget ya.

Resep Makanan, Chicken, Crispy Chicken, Steak, Vegetable

Bahan :
  1. 3 buah fillet dada ayam, pukul- pukul pipih.
  2. 2 siung bawang putih, chop halus.
  3. 1 ½ sdt garam.
  4. 1 ½ sdt lada.
  5. 100 gr tepung terigu.
  6. 2 butir telur ayam, kocok lepas.
  7. 200 gr tepung panir.
  8. ½ lt minyak goring.
  9. ¼ bawang Bombay chop halus.
  10. 1 batang brokoli.
  11. 1 batang cauliflover.
  12. Kacang polong secukupnya.
  13. 6 buah buncis.
  14. 1 sdm butter.
Cara Membuat :
  1. Marinade ayam dengan lada,garam, dan bw putih. Diamkan 30 menit.
  2. Breded ayam.
  3. Goreng hingga kecokelatan, angkat.Condimen : blanch semua sayuran, lalu sauté dgn lada, garam dan onion.
Bahan Black Pepper Sauce :
  1. ½ buah bw Bombay, cincang halus.
  2. 7 sdm saus tomat.
  3. 100 ml kaldu ayam.
  4. 1 sdt lada hitam bubuk.
  5. 1 sdt garam.
  6. 1 sdt gula.
  7. ½ sdt pala bubuk.
  8. 1 sdm butter.
  9. 1 buah bw putih, chop halus.
  10. 2 sdm corn starch.
  11. 1 sdt kecap inggris.
  12. 1 sdt kecap ikan. 
Cara Membuat :
  1. Tumis bw Bombay dan bw putih sampai harum.
  2. Masukkan saus tomat, kecap inggris, kecap ikan dan semua bumbu, aduk rata lalu beri kaldu.
  3. Setelah mendidih masukkan corn starch, aduk, masak hingga mengental.

Selamat Mencoba :) Wasalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Author Name

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/11954721_934557749957173_8222610146537842300_n.jpg?oh=1ce4b527248d7eda72f76f56ef90d6aa&oe=585E9A29} Seorang dari desa yan ingin serba bisa, Basic Otomotif dari kecil sedang memadukan ilmu Elektronika, Programming dan Mekanika, untuk membawa perubahan bagi Negriku INDONESIA ini, Aaamin {facebook#https://www.facebook.com/giri.cronyoz} {google#plus.google.com/+GiriWahyuPambudi} {youtube#plus.google.com/+GiriWahyuPambudi} {instagram#https://www.instagram.com/giriwahyupambudi/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.